10 Ciri Mahasiswa TPB

Sunday, October 14, 2012


Hello readers! Karena udah jadi mahasiswa, aku jadi tau beberapa hal, salah satunya mahasiswa baru (khususnya mahasiswa TPB itb) ternyata bisa dikenali dengan beberapa ciri-ciri yang melekat di diri mereka (termasuk aku). Ciri-ciri ini aku dapet dari denger-denger dari senior, dari pengamatan sendiri, atau bahkan dari pengalaman sendiri. Haha. Ini buat sekedar lucu-lucuan aja sih nggak yang buat serius-serius banget, jadi jangan dibawa serius kalo bisa jangan sampe tersinggung(walaupun ada benernya juga sih). Langsung aja deh cekidot!

1. Bergerombol
Ciri ini tuh udah yang paling umum berlaku buat mahasiswa baru di universitas manapun, termasuk mahasiswa TPB di itb. Hal ini karena biasanya mahasiswa TPB masih belum kenal banget kampusnya, jadi masih belum PD kalo harus jalan sendirian. Nah, kalo udah jalan bergerombol (sampe-sampe nutupin jalan), tingkat ke-PD-an mereka akan meningkat.

2. Kelasnya lebih rame
Ciri ini dikasih tau sama asdos yang ngasih tutorial di kelasku. Katanya dia juga dikasih tau sama temennya tentang ciri ini, dan setelah dia ngasih tutor di kelasku, dia membenarkan hal itu. Iya, kelasku emang rame-_-. Yah, mungkin ciri ini adalah bawaan dari kebiasaan waktu SMA yang sering rame di kelas. Namanya juga masih tahap transisi dari pelajar SMA ke mahasiswa.

3. Nyari warisan buku
Kalo yang ini aku ngalamin sendiri, dan rata-rata semuanya juga gitu. Biasanya ini udah jadi tradisi sih buat nurunin warisan buku dari senior ke junior, apalagi yang dari sekolah yang sama. Tapi buat mahasiswa yang nggak punya kakak kelas pas SMA dulu yang jadi seniornya atau yang seniornya yang dari sekolah yang sama nggak sebanding jumlahnya sama maba yang baru masuk, biasanya mereka akan bersaing cpet-cepetan buat cari warisan ke senior yang dikenalnya yang bukunya nggak diwarisin.

4. Mukanya masih polos
Ini hasil dari tanya-tanya ke senior, katanya kalo mahasiswa TPB itu mukanya masih polos. Hmm, mungkin karena baru lulus SMA ya jadi wajahnya ya nggak jauh beda sama anak SMA, belum makan asam garamnya dunia perkuliahan, belum tau kerasnya kuliah (emang keras ya?). pasti udah pada tau dong gimanamuka polos itu? Muka polos itu ya yang...polos. yah, tau dong, yang lurus-lurus aja, yang keliatan anak baik-baik banget. Terus, pas aku tanyake seniorku tentang gimana muka yang nggak polos itu, dia bilang yang udah TA(tugas akhir ya bukan titip absen). Jadi kalo pengen tau jelasnya gimana muka polos itu, bandingin aja yang maba sama yang udah TA, pasti keliatan bedanya. 

5. Daftar unit banyak pas OHU
Ini udah kebiasaannya mahasiswa TPB banget kayaknya. Tiap ada OHU, sebagai mahasiswa baru, ngeliat unit-unit yang disuguhin di ITB pasti bawaannya laper mata. “Pengen unit ini, pengen unit itu, yang ini juga, yang sono juga, aaaakh bingung!” Akhirnya? Unit yang mereka daftar pas OHU banyak banget. Terus pas mau nentuin unit apa yang mau diseriusin, karena nggak mungkin juga diseriusin semua, jadi galau deh. Akhirnya lagi? Mereka jalanin dulu semuanya, dirasa-rasain dulu mana yang enak, mana yang nyaman, dan kemudian seleksi alamlah yang berlaku. 

6. Tongkrongannya kebanyakan di perpus, CC Barat, sekre unit.
Kalo lagi istirahat siang, nungguin kelas selanjutnya, daripada pulang nih, mending stay di kampus bareng temen-temen. Waktu istirahat yang lumayan lama(sekitar 3 jam) biasanya dipake belajar bareng, ngobrol-ngobrol, atau bahkan tidur siang(selain makan siang sama sholat). Nah, tempat yang biasanya dipake? Kalo kata senior, TPB sukanya main di perpus, CC Barat, atau di sekre unit buat tidur siang, secara kan mereka masih belom punya himpunan. Yah, intinya sih cari tempat-tempat yang adem lah.

7. Pake atribut yang nunjukin fakultasnya
Pas awal-awal kuliah banget tuh biasanya suka ada yang jual atribut-atribut dari senior yang berbau fakultas atau ITB. Dari baju, pin, gantungan kunci, sampe gelang ada tuh entah yang berbau fakultas atau ITB. Sasaran pembeli mereka pastinya mahasiswa baru, karena biasanya buat mahasiswa baru kebanggaan bisa masuk itb apalagi di fakultas yang bener-benerdipengen tuh masih besar banget, jadi pengennya semua-semuanya kalo bisa berbau itb atau fakultas. Cara yang paling gampang adalah liat kaos yang mereka pake, kalo bertuliskan tahun angkatan yang paling baru, berartiitu TPB(karena emang yang paling sering dijual adalah kaos).

8. Suka nanya tempat
Sebagai mahasiswa baru, wajar dong kalo belum tau seluk beluk kampusnya, jadi wajar juga kalo mahasiswa TPB suka nanya tempat ini di mana, tempat itu dimana, kalau mau kesini arahnya kemana. Apalagi kalau awal kuliah banget, pasti mereka bingung dong tempat kuliahnya dimana, jadi cara paling aman biar nggak kesasar adalah tanya sama satpam atau ke senior cewek atau senior yang mukanya keliatan baik.

9. Bicara sama senior hati-hati banget
Pastinya dong harus hati-hati kalo nggak pengen kena marah atau dijailin, kecuali kalo yang udah kenal banget-banget dan akrab banget-banget sih nggak masalah. Alhasil biasanya mahasiswa TPB nggak berani kalo disuruh lewat atau ngirimin surat ke sekre himpunan karena takut dijailin.

10. Aktif sana-sini
Mahasiswa TPB di dunia perkuliahan istilahnya masih dalam tahap pencarian jati diri. Nah, salah satu cara buat nemuinnya adalah dengan aktif dalam kegiatan apapun, entah itu kepanitiaan, acara unit, seminar, dan lain-lain.

Nah, itu tadi udah 10 ciri-ciri mahasiswa TPB di itb. Jadi kalo lewat di dalem kampus udah tau dong yang mana aja mahasiswa TPB dengan hanya ngeliat aja?

You Might Also Like

0 komentar

Instagram